Pages

Tuesday, June 10, 2014

GAMAL ALBINSAID, DOKTER MUDA YANG BANGGAKAN RI (PART II)


Gamal Albinsaid, Dokter Muda yang Banggakan RI di Pentas Global

  •  Info Sehat
  •  
  •  0
  •  
  •  03 Feb 2014 13:45





Program Dilatarbelakangi dari Kisah Nyata

Program asuransi sampah ini dilatarbelakangi dari kisah nyata yang terjadi Jakarta, 5 Juni 2005 lalu. "Sebuah kisah nyata menampar negeri ini, seorang anak bernama Khaerunissa (3 tahun) tidak bisa pergi berobat dan menghembuskan nafas terakhir di gerobak sampah ayahnya (Supriyono, pemulung), karena penghasilan ayahnya yang hanya Rp 10.000," kata Gamal yang saat ini masih di London, Inggris menjawab pertanyaan Liputan6.com melalui email.

Atas dasar kisah itu, Indonesia Medika yang didirikan oleh Gamal pun mengajak kader posyandu, PKK, pemulung, dan masyarakat untuk mengembangkan Klinik Asuransi Sampah (KAS) untuk menghancurkan barrier (penghalang) antara akses kesehatan dengan masyarakat.

"Klinik Asuransi Sampah adalah sistem asuransi kesehatan mikro berbasis kerakyatan dengan semangat gotong royong melalui pembayaran premi dengan sampah sebagai sumber pendanaan utama pelayanan kesehatan masyarakat,' katanya menjelaskan.

Warga cukup menyerahkan sampahnya kepada Klinik Asuransi Sampah senilai Rp 10.000 rupiah setiap bulan dan bisa menikmati berbagai fasilitas kesehatan. Sampah yang dikumpulkan warga diolah menjadi uang sebagai `Dana Sehat` dengan Metode Takakura dan daur ulang. 

Dana Sehat tersebut digunakan untuk pelayanan kesehatan secara holistik, yaitu promotif (meningkatkan kesehatan), preventif (mencegah sakit), kuratif (mengobati sakit), dan rehabilitatif (rehabilitasi yang sembuh). Sehingga walaupun tidak sakit, masyarakat tidak akan rugi, karena mendapatkan berbagai program peningkatan kesehatan.

"Dengan sistem ini, kami menghimpun potensi atau umber daya yang ada di dalam masyarakat itu sendiri lalu mengembalikan sebagai akses pelayanan kesehatan holistik serta mampu dalam pengelolaan pembiayaannya," jelas Gamal.

"Konsep ini bersifat sosioenterpreneur, menggunakan sampah sebagai sumber pembiayaan, menerapkan sistem pelayanan kesehatan holistik, memberikan akses yang luas karena setiap orang memiliki sampah, dapat dimandirikan, memiliki daya keberlangsungan yang kuat karena mandiri secara pembiayaan. dapat dimodifkasi, dan diduplikasi. Kami telah menerapkan dan menduplikasi pada 5 klinik," katanya (Igw)
SUMBER : http://health.liputan6.com/read/816718/gamal-albinsaid-dokter-muda-yang-banggakan-ri-di-pentas-global?p=1
DIUNDUH : 11 JUNI 2014

0 comments:

Post a Comment